BULAN BAHASA SMP SANTO YOSEPH DENPASAR DI ERA NEW NORMAl TAHUN PELAJARAN 2020-2021

SMP Santo Yoseph Denpasar merupakan yang mengedepankan pembinaan terhadap peserta didik dalam segala bidang ilmu pengetahuan. Salah satu pembinaan yang dilaksanakan adalah memperingati Bulan Bahasa dengan mengadakan lomba cover lagu secara virtual. Lomba Bulan Bahasa tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan karena tahun ini seluruh masyarkat terkena dampak pandemi Covid-19, diharapkan dengan lomba sejenis ini melalui virtual dapat memotivasi dan menumbuhkan kreatifitas seni dalam diri peserta didik.

Rupanya lomba virtual cover lagu ini banyak diminati oleh peserta didik, mungkin mendapatkan menghilangkan rasa jenuh dan bosan berdiam diri di rumah. Terbukti bahwa para peserta lomba bisa menampilkan sesuatu yang berbeda satu dengan yang lainnya tentunya juga di dasari oleh kreatifitas peserta lomba masing-masing. 

 

Bulan Bahasa1

Denpasar - SMP Santo Yoseph Denpasar memperingati puncak Bulan Bahasa, (3/11/2020). Puncak peringatan Bulan Bahasa SMP Santo Yoseph Denpasar dilaksanakan melalui live streaming instagram OSIS SMP Santo Yoseph Denpasar yaitu melalui @osis.smpksanjose. Pada live streaming ini terdapat beberapa penampilan dari pengurus OSIS, para juara cover lagu dengan suara emasnya dan lain sebagainya. Pelaksanaan ini dilakukan selama satu jam, dan bisa menghibur temen-temennya yang menonton dari rumah. Hal ini penting dilakukan untuk menghilangkan jenuh dan bosan peserta didik yang harus belajar dari rumah sekaligus menghilangkan rasa kangen mereka terhadap teman-temannya. 

Para Juara Lomba Cover Lagu SMP Santo Yoseph Denpasar dalam rangka memperingati Bulan Bahasa adalah Juara I (Jonathan Fidel 8D), Juara II (Kirania 8H), Juara III (Shamita 9I) dan Juara Terfavorit (Virella 9D). Selamat untuk kalian yang memiliki suara emas dan bakat yang sangat terampil sehingga bisa menghibur kita semua.

TIM SIAGA DARURAT UNTUK PENANGGULANGAN COVID-19

SMP SANTO YOSEPH DENPASAR

Sejak pandemi COVID-19 muncul, hampir semua orang mengalami kendala untuk menjalani kehidupan normal akibat pembatasan yang dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona. Hal ini juga berpengaruh pada kegiatan pembelajaran di SMP Santo Yoseph Denpasar, Pembelajaran di SMP Santo Yoseph Denpasar berlangsung secara online  dengan memanfaatkan beberapa aplikasi seperti google classroom, zoom, google meet, google formulir dll. 

Untuk penangulangan covid-19 di lingkungan SMP Santo Yoseph Denpasar, SMP Santo Yoseph Denpasar membentuk Tim Siaga Darurat. Langkah pertama yang dilakukan Tim Siaga Darurat untuk Penanggulangan Covid-19 SMP Santo Yoseph Denpasar adalah mencari data keadaan warga sekolah termasuk orang tua siswa dalam situasi pandemi ini. Tujuan Pendataan Penanggulangan Covid-19 SMP Santo Yoseph Denpasar adalah:

1. Mengetahui informasi keadaan kesehatan siswa dan lingkungan tempat tinggal sehubungan dengan Covid-19

2. Melakukan upaya preventif terhadap penyebaran Covid-19 di lingkungan SMP Santo Yoseph Denpasar

Link pendataan Penanggulangan Covid-19 SMP Santo Yoseph Denpasar bisa diakses memalui http://bit.ly/pendataancovid-19smpsanjosedps

     Menghadapi perkembangan pandemi covid-19 yang semakin meluas dan dampaknya pada berbagai bidang kehidupan termasuk bidang pendidikan, sekolah sejak 17 Maret 2020 telah melakukan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan telah menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah untuk keselamatan warga sekolah. Berbagai usaha dilakukan untuk meningkatkan kualitas PJJ diantaranya dengan melaksanakan evaluasi kurikulum dan pelatihan IT untuk guru sedangkan untuk mencegah penyebaran covid-19 usaha yang dilakukan sekolah diantaranya adalah menambah tempat mencuci tangan dan mewajibkan warga sekolah untuk taat memakai masker.

 rk111

Foto kegiatan review kurikulum

 

pjj22

Foto kegiatan pelatihan tentang penggunaan google classroom dan zoom untuk kegiatan PJJ

      Pada tanggal 1 Agustus 2020 sekolah mengadakan perayaan ulang tahun sekolah  ke-60, perayaan diawali dengan misa yang dipimpin oleh Romo Hubert Hadi, Pr yang juga sebagai ketua Yayasan Insan Mandiri didampingi oleh Romo Thomas Almasan Pr. Selaku ketua BPK Yayasan Insan Mandiri Denpasar, Romo Alfons Kolo Pr Selaku Bendahara Yayasan Insan Mandiri Denpasar, dan Romo Alfridus Roni Bere Lelo Pr. Mewakili pastor Paroki roh kudus Katedral Denpasar.

      Dalam perayaan tersebut dihadiri oleh Bapak Drs. Anak Agung Wiratama, M.Ag selaku Kabid PSMP Disdikpora Kota Denpasar, beliau merupakan salah satu alumni SMP Santo Yoseph yang pada masa sekolahnya masih bernama Swastiastu. Hadir pula Ibu Titik Sri Widayati, S.Pd selaku pengawas SMP Santo Yoseph Denpasar 

      Perayaan dilaksanakan dengan mentaati protokol kesehatan dengan melaksanakan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pada tempat yang sudah disediakan. Kegiatan peringatan HUT ke-60 dapat diikuti oleh para alumni, siswa, dan orang tua yang berada di rumah melalui live streaming dengan link youtube http://bit.ly/SMP-SANJOSE. Dalam peringatan Santo Yoseph yang ke-60 ini juga diluncurkan Mars SMP Santo yoseph yang diharapkan mampu membangkitkan semangat dan rasa optimis dalam mewujudkan visi sekolah yaitu "berkualitas dalam mengembangkan insan cerdas, mandiri, dan berkarakter". Silahkan klik link disamping untuk melihat Mars Insan Mandiri https://youtu.be/4J6QXUZD2ls

      Rangkaian kegiatan HUT ke-60 SMP Santo Yoseph diakhiri dengan ramah tamah bersama dua orang rekan guru yang pensiun yaitu Bapak Drs Paulus Ketut Mudita dan Ibu Ni Ketut Katarina, S.Pd (tidak hadir karena ada halangan). Bapak Drs Paulus Ketut Mudita pada sesi tersebut mengungkapkan harapannya dan mendoakan agar SMP Santo Yoseph tetap unggul dan mampu menciptakan generasi yang memiliki karakter dan berintegritas

misa hut sy.jpg

Foto Romo Hubert Hadi Pr, (dari kiri ketiga) sedang memimpin misa pembukaan perayaan HUT ke-60 SMP Santo Yoseph

Kadisku.jpg

 Dokumentasi Bapak Drs. Anak Agung Wiratama, M.Ag selaku kepala Bidang PSMP kota Denpasar saat memberikan sambutan

Untuk di WEB.jpg

 Foto spanduk HUT ke-60 SMP Santo Yoseph Denpasar, dengan tema "Melangkah Maju Menjadi Insan yang Berkualitas dan Berkarakter".

 

 

       

Pengambilan seragam untuk siswa baru melalui jalur khusus dari SD Santo Yoseph 1 dan SD Santo Yoseph 2 

Hari Senin - Jumat pk 08.00 s/d 12.00 WITA
Di Perpustakaan SMP Santo Yoseph Denpasar

*NB diharap membawa kwitansi pembayaran dan mengikuti petunjuk protokol kesehatan

Pelakasanaan pembelajaran tahun ajaran 2020-2021 di SMP Santo Yoseph Denpasar dan sebagian besar sekolah-sekolah di Indonesia mengalami perbedaan dalam proses pembelajaran. Proses Pembelajaran mengalami perbedaan karena adanya musibah Pandemi Covid-19 yang hampir seluruh dunia mengalaminya. Di Indonesia dalam era New Normal, proses pendidikan berjalan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dari awalnya berlangsung seperti biasa bertatap muka langsung di sekolah sedangkan untuk tahun ajaran baru ini hampir semua sekolah-sekolah di Indonesia menggunakan proses pembelajaran online. Pembelajaran melalui Online  atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) juga dilaksanakan di SMP Santo Yoseph Denpasar dengan menggunakan beberapa media aplikasi seperti google classroom, google formulir, google meet, dan juga zoom. Tentunya dalam proses pembelajaran jarak jauh para guru SMP Santo Yoseph Denpasar mengedepankan proses pembelajaran yang menarik dan menyenagkan agar peserta didik tidak bosan dalam mengikuti proses pembelajaran dari rumah.

PJJ.jpg

Ruangan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) SMP Santo Yoseph Denpasar

   Peserta didik SMP Santo Yoseph melaksanakan kegiatan belajar di rumah dalam rangka mencegah penyebaran virus corona. Pembelajaran online dilakukan dengan memanfaatkan beberapa media seperti WA, google classroom, google form, IGTV, Youtube dll. Peserta didik  belajar di rumah didampingi oleh orang tua dan dipandu oleh guru atau wali kelas sehingga pembelajaran di rumah ini benar-benar membutuhkan kerjasama dan koordinasi yang baik. Selain kegiatan belajar di rumah khusus kelas 9 dilakukan ujian sekolah secara online yang sudah terlaksana dengan lancar tanpa perlu para peserta didik datang ke sekolah pada Senin, 6 April 2020 sampai dengan Kamis, 16 April 2020. :

 

     

IMG-20200505-WA0025.jpg

Foto salah satu kegiatan siswa belajar di rumah didampingi oleh orang tua

       SMP Santo Yoseph Denpasar masih menerima pendaftaran siswa baru dengan memberikan diskon uang pangkal sebesar 20% hal ini dilakukan karena masih memungkinkan untuk menambah siswa walaupun seluruh kelas telah terisi. Bagi anak-anak yang belum mendapatkan sekolah segera manfaatkan kesempatan ini dengan datang dan mendaftar langsung ke SMP Santo Yoseph Denpasar. Informasi lebih detail bisa menghubungi nomor WA berikut ini : 

Bu Hera : 08123982226

Bu Indi   : 08123836462

        Demikian informasi pendaftaran sekolah, semoga bermanfaat. Terima kasih.

       SMP Santo Yoseph turut peduli dengan penyebaran virus corona, satu kebiasaan yang dilakukan oleh guru dan peserta didik yaitu jabat tangan ketika siswa datang ke sekolah dan pulang sekolah sekarang ditiadakan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Sebagai gantinya cukup dengan mengatupkan tangan didada dengan paduan senyum keramahan. Semoga dengan langkah ini keluarga besar SMP Santo Yoseph Denpasar selalu terbebas dari penyebaran virus corona dan selalu sehat semuanya.

Salam corona

Foto guru dan peserta didik yang tidak melakukan jabat tangan lagi 

     Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2020-2021 di SMP Santo Yoseph Denpasar akan dilakukan secara online mengingat kondisi pandemi covid-19 yang belum berakhir. Kegiatan MPLS secara online ini dimaksudkan untuk meminimalisir penyebaran virus corona dan menjadikan keselamatan peserta didik, orang tua siswa, guru, dan pegawai sekolah sebagai prioritas yang utama. Untuk membantu kelancaran MPLS jadwal kegiatannya bisa disimak dibawah ini.

mplsAA.jpg

MPLSb.jpeg

     Pendaftaran siswa baru tahun ajaran 2020-2021 sudah dimulai pada 24 Februari 2020. Pendaftaran dilakukan secara online dengan cara membuka web sekolah ini kemudian mengisi form pendaftaran yang sudah tersedia. Setelah mendapatkan nomor pendaftaran jangan lupa mengunduh formulir pendaftaran dan surat pernyataannya lalu dicetak dan diisi dengan benar kemudian diserahkan ke SMP Santo Yoseph dengan datang langsung atau lewat jasa pengiriman.